Bersih Desa didefinisikan dalam bahasa Jawa “Karamean sing dibarengi slametan lan dedongan ing padesan saben taun kang lumrahe gegayutan karohmatan ing desa utawa mbeneri dina adeging desa” merupakan sebuah Tradisi tahunan Masyarakat Desa Sanan sebagai bentuk dari instropeksi diri sekaligus bersih-bersih desanya dan membersihkan Petilasan Cikal Bakal, Akal Bakal serta Pepunden Desa. Disamping itu dilakukan juga selamatan massal disertai lantunan do’a yang dipanjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa untuk memohon keselamatan lahir batin dan semua yang baik-baik untuk diri sendiri, keluarga dan Desa Sanan Kecamatan Pakel.

Bersih Desa juga bisa dimaknai sebagai wujud dari Rasa hormat seluruh Perangkat Desa dan Jajaran yang ada dibawahnya serta seluruh masyarakat Desa Sanan pada umumnya, khususnya Masyarakat terhadap Cikal Bakal atau Akal Bakal Desa Sanan. Cikal Bakal atau Akal Bakal adalah seseorang yang telah berfikir dan bertindak untuk mengawali kehidupan di Desa Sanan, melalui Proses Babad Desa.

Selaku Kepala Desa Sanan Kecamatan Pakel Bapak SUJIANTO, SE beserta Perangkat Desa merencanakan kegiatan Bersih Desa Setiap tahun diawali dengan selamatan massal pada bulan Dzul Qo’dah ( Selo ), Kemudian Yasinan Putra kemudian Yasinan Putri dan Pada Puncaknya diadakan pagelaran wayang kulit semalam suntuk oleh ki dalang Sujak Wibowo dan ruwatan massal. Bagi masyarakat Desa Sanan, kegiatan Bersih Desa ini merupakan sebuah tradisi yang sudah turun temurun.

Maksud diadakannya kegiatan Bersih Desa adalah sebagai perwujudan dari Rasa Syukur Pemerintah Desa Sanan beserta jajarannya serta seluruh masyarakat Desa Sanan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas semua Rahmat, Keselamatan dan Rezeki yang telah dilimpahkan.

Maksud lainya adalah sebagai wujud penghormatan terhadap Cikal Bakal dan Akal Bakal, Para Pinisepuh, Aji Sepuh Pendahulu Desa, yang telah berjasa dalam babad desa hingga Desa Sanan dapat dihuni dan dapat dijadikan lahan pertanian yang subur dengan memanjatkan do’a kepada Tuhan Yang Maha Esa agar diampuni semua dosanya dan diberikan pahala sesuai dengan amal dan baktinya terhadap Desa Sanan.

Bagaimana reaksi anda mengenai artikel ini ?