Musyawarah Rencana Pembangunan Desa Tahun 2019 di Desa Sanan Kecamatan pakel Kabupaten Tulungagung di adakan pada hari Rabu tanggal 31 Januari 2018 yang dihadiri oleh Unsur : BPD, RT/RW, LKM, LKMD, TP PKK, Karang Taruna, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama. Musyawarah ini juga dihadiri dari Muspika Kecamatan Pakel dan Pendamping Lokal Desa. Pada acara yang diselenggarakan dipendopo Balai Desa Sanan ini, dibawakan oleh Bapak Suratman, S.Sos selaku Sekdes.

Dasar dan Tujuan diadakannya Musrenbangdes sekaligus melaporkan bahwa kegiatan yang diselenggarakan didanai dari APBDes tahun 2018, pihak panitia penyelenggara mengundang 80 orang dari berbagai Unsur di Desa Sanan. Kepala Desa Sanan bapak Sujianto, SE, beliau mengajak kepada seluruh Unsur Masyarakat yang Hadir bersama sama mengikuti Musrenbangdes dengan teliti, agar segala usulan yang telah dikaji pada musdus yang telah diadakan sebelumnya , untuk dikaji ulang pada musrenbangdes. Bahwa Prioritas Pembangunan di Desa Sanan harap diperhatikan agar tidak salah sasaran.

Bapak Edi Sudarto selaku Kasi PMD kecamatan Pakel yang mewakili Camat Pakel menuturkan bahwa kehadirannya adalah sebagai tim monitoring kecamatan pada acara Musrenbangdes Sanan. selanjutnya beliau kembali mengingatkan kembali kepada Pemerintah desa tentang tata aturan tentang perencanaan Pembangunan desa, beliau tidak ingin aturan dilewati tahapannya, seperti yang sudah sudah sehingga dapat tertib secara administrasi pelaporan pertanggungjawabannya.

akhirnya acara inti, untuk mengkaji ulang sekala prioritas dari Hasil RKP Des untuk pembangunan Tahun 2019.
akhirnya disepakati bersama ada beberapa poin Perencanaan pembangunan yang disepakati untuk dibawa ke Musrenbangcam yaitu :

  1. Pembangunan Fisik :
  • Pembangunan Jalan Paving
  • Pembangunan Saluran Lingkungan
  • Pembangunan Saluran irigasi
  • Mneruskan Pembangunan Gedung Paud dan RA
  • Meneruskan Pembangunan Pasar Desa
  1. Pembangunan Non Fisik :
  • Penguatan Modal BUMDes
  • Pemberdayaan Masyarakat ( LPM, PKK, Karangtaruna )
  • Pelatihan kewirausahaan

Bagaimana reaksi anda mengenai artikel ini ?